Blogroll

Resep Masakan Sederhana Ikan Bandeng Bumbu Kuning

Seperti yang kita ketahui ikan bandeng merupakan ikan yang meskipun tidak langka karena dibudidayakan, namun bandeng merupakan satu-satunya ikan yang masih terjaga dari famili Chanidae, sedangan enam yang lain dikabarkan telah punah.
Resep Masakan Sederhana Ikan Bandeng Bumbu Kuning

Sebagai ikan yang kini banyak dikonsumsi di wilayah Asia Tenggara, maka tak heran jika ikan bandeng bisa dijadikan jenis masakan dalam berbagai jenis resep, seperti bandeng presto untuk melunakkan tulang atau duri dalam dagingnya. Kendala yang lain bagi penikmat bandeng adalah bau lumpur, hal ini sering terjadi untuk bandeng yang dikembang biakkan di tambak. Namun bau lumpur dapat dihilangkan dengan memeliharanya di air mengalir  bebas biosmin selama 7-14 hari sebelum dikonsumsi.

Kembali lagi dengan resep yang akan kita buat kali ini, dan bandeng menjadi pilihan menarik untuk kita jadikan santapan bersama keluarga tercinta. Resep spesial yang akan kita berikan kali ini juga tak kalah menarik dengan resep sebelumnya. Kali ini kita akan memberikan resep spesial yang bisa anda lihat di Cara Membuat Ikan Bandeng Bumbu Kuning  berikut ini, yuk kita simak bareng-bareng.

Bahan-bahan :
1 kg ikan bandeng (masing-masing dipotong tiga bagian)
3 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
1 butir jeruk nipis (peras dan ambil airnya)
400 ml air

Bumbu yang dihaluskan :
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 buah kemiri
4 cm kunyit
1 sendok teh garam

Bumbu-bumbu pelengkap :
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas (dimemarkan)
3 cm jahe (dimemarkan)
1 batang serai (dimemarkan)
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok kaldu instan (jika disukai)

Cara Membuat Ikan Bandeng Bumbu Kuning :
Lumuri potongan ikan bandeng dengan air jeruk nipis dan garam hingga rata, lalu biarkan dahulu selama 15 menit. Selanjutnya cuci kembali potongan ikan hingga bersih.
Tumislah bumbu-bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium aroma harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas serta batang serai yang telah dimemarkan, tumis hingga aroma harum. Tambahkan air, aduk-aduk hingga air mendidih, lalu masukkan bandeng, gula pasir serta kaldu instan (jika suka). Lanjutkan memasak hingga ikan bandeng matang, segera angkat dan sajikan dengan nasi panas dan pelengkap lainnya.
Nah resep spesial kita kali ini telah berhasil dibuat, semoga hasilnya sesuai dengan selera keluarga anda. Bahan-bahan yang disediakan untuk membuat bandeng bumbu kuning ini bisa disajikan untuk empat porsi makan. Selamat mencoba dan selalu berkreasi, semoga berhasil.

0 Response to "Resep Masakan Sederhana Ikan Bandeng Bumbu Kuning"

Posting Komentar