Blogroll

Resep Mantap Ikan Bandeng Bumbu Bali

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan bandeng merupakan ikan yang sangat populer sebagai bahan pangan yang banyak dikonsumsi di kawasan Asia Tenggara. Jika kita menengok lebih jauh ikan bandeng ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada famili Chanidae (sebelumnya ada enam namun dilaporkan telah punah). Jadi ikan bandeng merupakan ikan yang bisa disebut sebagai ikan yang sangat istimewa.
Resep Mantap Ikan Bandeng Bumbu Bali

Kebanyakan orang suka mengkonsumsi ikan bandeng karena memiliki unsur gurih saat dimasak, rasanya yang netral tidak seperti ikan laut, dan dagingnya tidak mudah hancur saat dimasak. Namun diluar semua kenikmatan ikan bandeng ada dua kekurangan yang kadang membuat orang juga enggan mengkonsumsinya yaitu banyak duri dan kadang bau tanah atau lumpur sangat dihindari sebagian orang. Namun dengan pengolahan yang tepat bau tanah atau lumpur bisa dihindari. Sedangkan duri atau tulang juga bisa dibuat empuk dengan cara di presto sehingga biasa disebut Bandeng Presto.

Nah untuk kesempatan yang baik ini kita akan mencoba memberikan resep ikan bandengan dengan bumbu Bali. Jika anda termasuk pecinta kuliner asal Pulau Dewata ini tak ada salahnya mencoba resep ikan bandeng bumbu Bali ini untuk disajikan di ruang makan keluarga anda. Resep nya akan segera kami siapkan spesial untuk anda semua, semoga resep-resep yang kami sajikan akan sesuai dengan selera anda semua. Resep spesial kali ini akan kami sajikan dalam Cara Membuat Ikan Bandeng Bumbu Bali Sedap dan Nikmat yang berikut ini, yuk kita simak dan coba resep nya.

Bahan-bahan :
1 kg ikan bandeng
2 butir jeruk nipis (peras dan ambil airnya)
1 sendok teh garam
100 ml air
Minyak secukupnya (untuk menumis dan menggoreng)

Bumbu-bumbu :
6 buah cabai merah besar (dibuang bijinya)
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 cm jahe
3 sendok makan kecap manis
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh garam

Cara Membuat Ikan Bandeng Bumbu Bali :
Siangi (hilangkan sisik) ikan bandeng lalu potong-potong ikan menjadi empat bagian, lalu dicuci hingga bersih. Lumuri potongan ikan menggunakan air jeruk nipis dan garam, lalu biarkan selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya goreng ikan bandeng hingga matang, angkat dan tiriskan.
Haluskan bumbu-bumbu seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih dan jahe, selanjutnya tumis bumbu yang dihaluskan tersebut hingga harum dan matang. Selanjutnya masukkan air, gula, garam serta kecap manis, selanjutnya aduk-aduk hingga kuah mengental.

Terakhir masukkan ikan bandeng yang telah digoreng kedalam campuran bumbu tadi, masak lagi sebentar sambil diaduk-aduk lalu angkat dan sajikan selagi hangat.

Bandeng bumbu Bali sudah siap disajikan untuk anda bersama anggota keluarga. Bahan-bahan serta bumbu di atas dapat dibuat untuk empat porsi makan. Nah sebagai akhir kata tak lupa kami ucapkan selamat mencoba dan terus berkreasi.

0 Response to "Resep Mantap Ikan Bandeng Bumbu Bali"

Posting Komentar